SUZUKI ERTIGA

NEW SUZUKI ERTIGA 2012

FITUR

– Auto leveling head lamp, multi reflektor
– Immobilizer
– Duals airbag
– ABS, EBD
– Side impac beam
– Adjusting seat belt
– Tilt steering
– EPS ( Elektronik Power Steering )
– Defoger
– Fog lamp
– keyless entry dan central lock
– Tombol audio di stir,
– 4 pengaturan kursi pengemudi (maju, mundur, naik, turun )
– Double din audio with USB connection
– High mount stop lamp
– Warna : Dusky Brown, Serene Blue, Radiant Red, Pearl White, Silky Silver, Graphite Grey, Burgundy, Black.
– suspensi : McPherson strut.
– Mesin bensin K14 berkapasitas 1,4 liter (1.372 cc)
– 95 PS dan torsi 130 Nm
– Kapasitas : 7 orang
– Panjang : 4.265 mm
– Lebar : 1695 mm
– Tinggi : 1685 mm
– Wheelbase : 2740 mm.

Beritanya

New Delhi, –  Di India MPV ini masih dianggap baru! Namun di Indonesia, Ertiga akan menjadi lawan berat duet Avanza-Xenia. Hal tersebut bisa dilihat dari dimensi dan mesin yang dipilih Suzuki untuk MPV ini. Bahkan bisa jadi, juga menyosor Kijang Innova. Pasalnya, dimensi Ertiga lebih pendek 220 mm (22 cm) dan lebarnya lebih kecil 55 mm dari Innova.

Peluncuran Ertiga hari ini di India – saat tampil pertama kali sebagai MPV konsep di Auto Expo New Delhi pada 2010 disebut RIII –  mendapatkan perhatian besar dari media otomotif India. Maklum, inilah debut Ertiga di dunia dan nantinya akan menjadi produk global Suzuki.

Mesin
Di India, Ertiga ditawarkan dengan dua mesin. Pertama mesin diesel 1,3 liter Multijet yang dipasok oleh Fiat. Kemampuan mesin ini menghasilkan tenaga 88 PS @4.000rpm dan torsi 200 Nm @1.750 rpm dengan konsumsi bahan bakar 20,77 km per liter (kpl).

Mesin kedua, bensin 1,4 liter digunakan untuk Ertiga yang dipasarkan di Indonesia) menghasilkan tenaga 94 PS @6.000rpm dan torsi 130 Nm @4.000 rpm. Kemampuan tersebut lebih besar dibandingkan dengan Avanza 1,3 liter atau Xenia (92 PS @6,.000 rpm, 11,9 kg-m @4.400 rpm), namun di bawah kemampuan mesin Avanza 1,5 liter (109 PS @6.000 rpm, torsi 14,4 kg-m @4.400 rpm).

Khusus mesin bensin ini, konsumsi bahan bakar diperkirakan 10 – 12 kpl. Namun Maruti mengklaim 16 kpl.

Interior
Desain rumah roda yang besar dinilai mirip dengan kendaraan komersial. Bodi dengan bumper didesain terintegrasi. Dari laporan beberapa media India, interior Ertiga termasuk lega untuk 7 orang penumpang. Akses keluar-masuk ke jok baris kedua dan tiga (belakang) yang dapat dilipat.

Dasbor sama dengan model Swift, namun warnanya lebih cerah (beige). Versi paling top dipasang ban dan pelek 15 inci.

Setir tampil dengan desain palang tiga, dilengkapi dengan power steering listrik (EPS), tilt steering, AC double blower, unit audio dengan koneksi USB, tombol audio di setir, keyless entrydan central lock. Untuk suspensi, basisnya sama dengan Swift, McPherson strut.

Kendati diperkenalkan hari ini, namun baru diluncurkan secara resmi akhir Maret dan mulai dijual awal April 2012.

Dimensi
Panjang                 : 4.265 mm
Lebar                    :  1.695 mm
Tinggi                    : 1.685 mm
Jarak sumbu roda :  2.740 mm

SUMBER : KOMPAS.COM/KompasOtomotif

================================================================

ERTIGA

Suzuki tinggal selangkah lagi meluncurkan Ertiga di ajang Delhi Auto Expo Januari 2012. Sebelum hari peluncuran, yuk kita lihat apa saja yang dibekali Suzuki pada low multi purpose vehicle (MPV), calon penantang Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di Indonesia.

Sosok Ertiga sebenarnya sudah muncul sejak Juni 2011 dan berhasil ditangkap kamera sedang melakukan tes di India. Bahkan pilihan nama Ertiga sudah bocor sejak September dan siap menjadi produk global Suzuki selanjutnya, di India juga Indonesia.

Platform Ertiga diproduksi menggunakan platform Ritz dan menjadi produk MPV pertama Suzuki di India. Desainnya mirip Ritz, tapi bentuk lampu utama (headlight) mirip Swift. Bemper cukup sporty dengan airdam besar. Bagian belakang dikasih spoiler di atas kaca, plus lampu rem, sehingga jadi lebih bergaya.

Dari segi dimensi, MPV 7-penumpang ini lebih panjang (4.265 mm) dari Avanza Veloz (4.120 mm). Termasuk juga jarak sumbu roda, Ertiga yang 2.740 mm lebih panjang 85 mm (2.655 mm). Interior Ertiga terasa mewah karena menggunakan kombinasi dua warna beige dan abu-abu. Desain dasbor mencomot dari Swift. Tak ketinggalan ada CD player 2DIN dan tombol pengatur audio di lingkar kemudi (sepertinya untuk varian termewah).

Di India, Suzuki hanya melepas Ertiga dalam dua varian, yakni ZXi dan ZDi. Namun, di Indonesia Suzuki sepertinya akan menawarkan beberapa paket fitur dan aksesori tambahan.

Suzuki membekali Ertiga dengan pilihan mesin berkapasitas 1.372 cc dengan sistem variable-valve timing (VVT) mempunyai tenaga maksimum 96 ps dan torsi 13 kgm.

SUMBER: KOMPAS.COM

UNTUK PEMESANAN KLIK DISINI

================================================================

Suzuki Ertiga Lebih Lega

dari Avanza-Xenia

Setelah Toyota Avanza-Daihatsu Xenia meluncur resmi, sorotan kini dialihkan ke kompetitor terdekatnya, yaitu Suzuki. Kendati Suzuki Indonesia lebih banyak tutup mulut, nun jauh di India, bakal calon rival Avanza-Xenia tersebut marak diberitakan di internet, baik melalui blogmaupun situs resmi media otomotif. Terlebih lagi, pada awal 2012, di ibu kota India akan diselenggarakan New Delhi Auto Expo.

Berita hangatnya, Maruti-Suzuki—produsen mobil nomor satu di negara tersebut—akan memperkenalkan prototipe produksi MPV R3 pada New Delhi Auto Expo, awal Januari mendatang. Menariknya, MPV ini diberi nama yang sangat kental lidah Indonesia, yaitu Ertiga.

Kepastian
Berita terakhir tentang MPV Ertiga datang dari media India, Motoroid, yang mengutip pernyataan Mayank Pareek, Managing Executive Officer Maruti, tentang produk barunya. “Semakin kompetitifnya pasar mengharuskan kami menciptakan dinamika baru. Kami mencoba menawarkan yang terbaik. Model-model baru seperti SUV, MPV, dan MUV membuktikan kepada dunia bahwa kami siap menghadapi masa depan dan perlu mendapatkan umpan balik dari rencana ini,” ungkapnya.

Selama ini bocoran tentang MPV Suzuki tersebut lebih banyak melihat sumber tenaganya, yaitu mesin bensin K14 berkapasitas 1,4 liter (1.372 cc). Mesin ini menghasilkan tenaga 95 PS dan torsi 130 Nm. Dijelaskan pula, karena konsumen India lebih menyukai diesel, khusus di negara tersebut, Ertiga akan menggunakan mesin diesel 1,3 liter DDiS Turbo VGT yang menghasilkan tenaga 90 PS dan torsi 200 Nm.

Wajah depan
Media India menjelaskan, wajah Ertiga sama dengan Ritz, tetapi kenyataannya malah lebih mirip Swift. Hal tersebut tampak pada celah gril dan kap mesin yang bulat. Pastinya, dengan adanya hidung atau area bonet, penampilan Ertiga lebih keren dibanding APV dengan desain monobox.

Atap bergelombang dipertahankan untuk menambah kekuatan. Yang juga cukup menarik, jarak sumbu roda Ertiga ternyata lebih panjang dari Avanza-Xenia. Kalau duo Toyota dan Daihatsu tersebut punya jarak sumbu roda 2.655 mm, maka Ertiga 2.734 mm, dengan total panjang sekitar 4.300 mm. Dimensi ini membuat Ertiga lebih besar dan lega dibandingkan Avanza-Xenia dengan total panjang 4.140 mm.

Spesifikasi teknis lain yang menarik, Ertiga akan tampil dengan gerak roda depan (Avanza-Xenia masih gerak roda belakang). Kondisi ini tentu saja membuat kerja mesin menjadi lebih efisien.

Varian
Kendati baru akan diluncurkan pada pertengahan tahun depan, bocoran detail MPV ini di India termasuk mendetail. Contohnya, MPV yang akan menyaingi Toyota Innova di India tersebut akan dilengkapi pengaman pasif udara, dan dijual dalam enam varian, yaitu LXi, VXi, ZXi, LDi, VDi, dan ZDi. Bahkan, Zxi dilengkapi ABS. Sementara itu, perlengkapan standarnya sama dengan MPV yang dipasarkan dewasa ini.

Juga dipasang ventilasi AC di atap untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang yang duduk di jok deret kedua dan ketiga. Bahkan, ada versi yang dilengkapi sunroof. Informasi lain, Ertiga menggunakan setir yang bisa disetel (tilt steering) dan jok penumpang yang juga bisa disetel, seperti pada Avanza dan Xenia tipe atas.

Tambahan lain, wiper dengan sensor hujan. Adapun perkiraan warna adalah Blazing Red, Torque Blue, Silky Silver, Arctic White, Glistening Grey, dan Midnight Black.

SUMBER : KOMPAS.COM


SUDAH BISA INDEN SEKARANG !!

HUBUNGI MARKETING KAMI :

RIZAL 

021-9980 6065

UNTUK PEMESANAN KLIK DISINI

6 comments on “SUZUKI ERTIGA

  1. bisa tuker tambah ga ya….
    klo bisa ane minat jg tuh…
    tuker sama kia carens 2 th2006
    klo ane kredit kena brp cicilannya

  2. apakah nanti ada varian Automatic nya?
    Kira2 kapan kepastian keluar Unitnya?
    Apakah sudah ada contoh fisik yg bisa dilihat di PIK?

    • – Untuk yang akan lounching bulan April 2012 baru yang varian manualnya saja.
      – Unit sudah ada tapi untuk melihat unit langsung baru bisa setelah lounching secara resmi bulan April nanti.
      – untuk mobil display/show unit maupun untuk unit test drive baru ada setelah lounching ( bulan April )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s